Jumat, 15 Agustus 2014

Hybrid LIPI Lebih Murah dari Prius

Siapa bilang anak bangsa tidak kreatif? Lewat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) anak bangsa mencoba terobosan baru dengan membangun kendaraan hybrid yang diklaim sangat hemat bahan bakar.

Kendaraan bermesin ganda yakni bensin dan listrik itu disebut LIPI sebagai "The 1st Hybrid Elecric Vehicle" berkonsep hatchback.

Mesin bensin bekerja hanya untuk mengisi mesin listrik, sedangkan mesin listrik berfungsi untuk menggerakan as roda belakang.

Hybrid LIPI sudah diuji berjalan hingga 2.000 km dengan berkeliling di seputar Bandung, Jawa Barat. Selama ini Hybrid LIPI sudah tampil 2 kali di mata publik.

Pertama di Bandung satu bulan lalu dan kedua di ditampilkan pada acara Eco-Products International Fair dari 4 sampai 7 Maret 2010 lalu.

"Kita sudah uji coba jalan di seputaran Bandung. Jarak tempuh sudah 2.000 kimometer. Alhasil mobil tidak apa-apa," kata Kepala Bidang Peralatan Transportasi Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI Abdul Hapid kepada detikOto, Senin (8/3/2010).

Hatchback itu dilengkapi dengan generator dengan kapasitas mesin 160 cc. Kinerja mesin listrik adalah memanfaatkan sistem pengeremen atau Regeratif Breaking.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar